Home Kurikulum Pengembangan KTSP
Pengembangan KTSP PDF Print E-mail
Written by SMK N1 Kawunganten   
Wednesday, 31 October 2012 12:25

Tujuan penyempurnaan KTSP Pengembangan kurikulum di SMK dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan dengan tujuan:

  • Menjaga agar kurikulum yang digunakan mengarah kepada tercapainya visi sekolah sesuai dengan perkembangan IPTEK dan harapan stakeholder
  • Pengembangan kurikulum dilaksanakan untuk mengevaluasi kurikulum dengan membandingkan anatar kompetensi dasar atau standar kompetensi atau kompetensi bidang studi yang dipersyaratkan secara nasional dengan kondisi nyata di sekolah
  • Menajmin kualitas lulusan sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan kurikulum
  • Meningkatkan mutu pembelajaran yang variatif sesuai dengan assessment proses dan hasil belajar

Prinsip-prinsip pengembangan KTSP
Didalam panduan KTSP yang disusun oleh BNSP (2006) dinyatakan bahwa KTSP di kembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dibawah koordinasi dan supervise dinas pendidikan. Prinsip-prinsip pengembangan KTSP tersebut adalah:

  • Berpusat pada potensi, perkembangan kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
  • Beragam dan terpadu dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah jenjang dan jenis pendidikan serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat, status sosial, ekonomi dan gender
  • Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni
  • Relevan dengan kebutuhan hidup dengan melibatkan pemangku kepentingan (stackeholder) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan termasuk kehdupan kemasyarakatan dunia usaha dan dunia kerja
  • Menyeluruh dan berkesinambungan mencakup keseluruhan dimensi kompetensi bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan semua jenjang pendidikan
  • Belajar sepanjang hayat
  • Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

Acuan Operasional Penyusunan KTSP
Acuan operasional penyusunan KTSP yaitu :

  • Subject centered design, yakni dalam pengembangan SKL-MP dan standar isi bertolak dari sistematisasi disiplin ilmu (batang tubuh keilmuan) masing-masing yang terdapat dalam mata pelajaran
  • Leaner centered design, yakni pengembangan SKL-MP dan standar isi bertolak dari kebutuhan dan minat peserta didik secara individual
  • Problem centered design, yakni pengembangan SKL-MP dan standar isi bertolak dari problem actual dalam kehidupan yang dipecahkan oleh peserta didik dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat yang memperkaya atau meningkatkan cakupan indikator-indikator baik ranah kognitif, afektif dan psikomotrik

TUJUAN SATUANN PENDIDIKAN
Mempersiapkan tamatan yang memiliki kepribadian dan berakhlak mulia sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten sesuai kompetensi keahlian pilihannya

Last Updated on Thursday, 01 November 2012 18:58
 

Kalender

October 2014
S M T W T F S
28 29 30 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31 1

Facebook Like

Share on facebook

Banners

Banner
Banner
Banner
Banner

Newsflash

SMK N 1 KAWUNGANTEN MERAIH 6 PIALA

Alhamdulillah, SMKN 1 Kawunganten selama bulan Mei 2013 dan hampir dalam waktu bersamaan berhasil menjuarai berbagai macam event akademik dan non akademik.